Friday, April 28, 2023

Traveling Eropa for Business Trip (8)

PESONA KLASIK DAM SQUARE AMSTERDAM YANG DIKELILINGI BANGUNAN MONUMENTAL



Setelah puas menjelajahi berbagai destinasi di Volendam dan  Zaanse Schan, rombongan TE (@travelingeropa) bergerak menuju Dam Square Amsterdam. Ada yang menarik?

Dam Square diciptakan pada abad ke-13. Dam (bendungan) dibangun di sekitar sungai Amster untuk mencegah air laut Zuiderzee membanjiri kota Amsterdam. Bendungan tersebut perlahan bermetamorfosa menjadi alun-alun kota dan salah satu tempat wisata  menarik di ibukota Negeri Kincir Angin ini.













Alun-alun ini dikelilingi oleh beberapa bangunan terkenal. Antara lain Koninklijk Paleis (Royak Palace of Amsterdam), Nieuwe Kerk (New Church), Museum Lilin Madame Tussaud dan pilar putih Monumen Nasional. Selain itu, di sekitar Dam Square banyak café dan resto serta pusat perbelanjaan. Salah satunya adalah Primark Amsterdam.



#














Primark toko pakaian diskon dari Irlandia yang memiliki lebih dari 400 toko di seluruh dunia.  Sementara yang di Amsterdam, terbesar di Eropa dengan luas 8.800 m² yang tersebar di tujuh lantai. Lokasinya berada di Damrak 77,  berjarak 5 – 10 menit jalan kaki dari tempat parkir bus di Dam Square.

Di sepanjang jalan menuju Primark, seperti pusat shopping Jalan Tunjungan Surabaya jaman dulu. Bedanya, di Surabaya kawasan seperti ini malah mati karena tidak ada lahan parkir yang luas dan public transportasi tidak menunjang dan kurang nyaman.

Di Amsterdam tersedia kendaraan umum seperti bus dan kereta trem dalam kota. Kereta terlihat seliweran dengan kecepatan rendah. Sesekali terdengar suara bel kereta yang khas seperti kereta  kuno “teng teng teng”.  Bel klasik dan tidak berisik seperti bel kereta jaman sekarang.

Amsterdam  adalah salah satu kota paling ramah bagi para pengguna sepeda dan pusat budaya sepeda di dunia.  Sepeda jadi alat transportasi popular dan nyaman karena ditunjang dengan fasilitas yang baik, seperti tersedia jalur sepeda dan rak parkir sepeda yang dijaga. Ada ratusan ribu sepeda di kota ini. Jumlahnya empat kali lipat dari jumlah kendaraan mobil.

Di Amsterdam  juga ada transportasi perahu sungai  yang nyaman dan aman untuk menjelajahi keunikan kawasan wisata di sepanjang kanal yang dilalui.  Pada kunjungan saya tahun 2002 lalu,  sempat berperahu menyusuri kanal-kanal. 

Sangat menarik karena dari atas perahu yang bergerak perlahan, kita bisa menyaksikan bangunan-bangunan monumental, rumah tua, café n resto dengan tampilan klasik berada di kiri kanan kanal. Tiga kanal utama di Amsterdam; Herengracht, Prinsengracht dan Keizersgracht yang dibangun pada abad ke-17 masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO tahun 2010. **bhr (bersambung)





Pertama-tama, terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Begitu banyak nikmat yang Engkau berikan. Tidak terhingga anugerah yang Engkau limpahkan. Begitu indah rencanaMu melebihi harapan yang selalu kuucapkan dalam setiap doa-doaku.
Saya sangat bersyukur dan mengucapkan:“Tuhan Yesus, terimakasih untuk segalanya” (Read More)

Sebuah Epilog:

Sebuah Testimoni Semua yang saya miliki hari ini adalah anugerah dari Yang Kuasa yang saya dapatkan dengan   perjuangan yang c...