Wednesday, March 29, 2023

Traveling Eropa For Business Trip (7)

DESA NELAYAN VOLENDAM DAN ZAANSE  SCHAN 


Volendam dan Zaanse Schan, dua destinasi day-trip favorite di Belanda. Desa nelayan yang masih mempertahankan karakteristiknya selama enam abad dan desa penghasil keju terbaik di dunia. Seperti apa daya tarik wisata di dua desa tadi?

Desa nelayan ini tidak jauh dari Kota Amsterdam. Hanya sekitar 20 km. Saat tiba di sana, kami disambut hujan  salju. Suhunya sangat dingin. Padahal sudah mulai memasuki musim semi. Tetapi destinasi Volendam yang luar biasa dengan wisata sejarah, kuliner dan tempat-tempat belanja, tidak menghalangi  niat untuk menjelajah.

Di pusat keramaian  Volendam  yang terletak di daerah Haven. Di jalan Conblock yang membelah kawasan ini, tidak pernah sepi.  Di sisi kiri dan kanan jalan berderet toko souvenir, cafĂ© dan restaurant. Bagi yang ingin merasakan experience berpakaian tradisional Belanda, ada beberapa studio foto.  Satu diantaranya adalah studio foto Zwarthaoed. 

Wisatawan dari Indonesia, mungkin juga dari negara lain, selalu menyempatkan diri  mampir ke salah satu studio untuk foto memakai kostum tradisional sebagai kenang-kenangan telah berkunjung ke Volendam. Sejumlah tokoh dan artis Indonesia yang pernah berfoto di studio, dipajang di etalasi.

Bagi penggemar keju, recommended untuk mengunjungi Catharina Hoeve Cheese Farm di Zaanse Schans, sebuah desa  kecil di wilayah  Zaandam, sebelah utara Amsterdam. Di desa ini, kita diseret ke abad 17 dan 18 kehidupan di Belanda. Ada rumah kayu khas Belanda yang otentik, kincir angin yang terawat dengan baik, pabrik susu dan keju, kerajinan keramik, klompen kayu  dan lain-lain. 

Menariknya, toko keju Catharina Hoeve Cheese Farm ini,  sekaligus dilengkapi museum mini produk keju. Di sana setiap hari ada kelas demo. Pengunjung bisa belajar tanpa bayar, bagaimana proses pembuatan keju.



Menariknya lagi, di sini pengunjung bisa mencicipi keju sepuasnya. Pelayan toko yang ramah memotong aneka keju untuk diberikan kepada pengunjung. Selain keju, juga ada aneka olahan kue berbahan dasar keju. Ini pengalaman yang sangat mengesankan. Kita cicipi dulu baru beli. Atau ikut mencicipi tanpa beli juga tidak masalah.

Catharina Hoeve menerapkan pola layanan Cheese Experience, Tasting and Shop. Berbagai macam keju dari olahan susu sapi, kambing dan domba dalam aneka rasa. Ada keju yang diolah secara khusus. Seperti Smoked Cheese, Herbed Cheese dan yang paling saya suka adalah  Jalapeno Cheese. 


Benar kata orang, taste keju paling enak itu ada di Belanda karena asalnya dari sana. Sama dengan kita makan rendang di Padang pasti lebih sedap dibanding rendang dari kota lain. Anda tidak percaya? Buktikan sendiri. **bhr (bersambung).


Pertama-tama, terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Begitu banyak nikmat yang Engkau berikan. Tidak terhingga anugerah yang Engkau limpahkan. Begitu indah rencanaMu melebihi harapan yang selalu kuucapkan dalam setiap doa-doaku.
Saya sangat bersyukur dan mengucapkan:“Tuhan Yesus, terimakasih untuk segalanya” (Read More)

Sebuah Epilog:

Sebuah Testimoni Semua yang saya miliki hari ini adalah anugerah dari Yang Kuasa yang saya dapatkan dengan   perjuangan yang c...