Monday, May 1, 2023

Traveling Eropa For Business Trip (9)

KOTA KECIL ROERMOND, SURGA BAGI PEMBURU BARANG-BARANG BRANDED


Jerman negara keenam yang akan dikunjungi peserta TE (@travelingeropa). Tapi sebelum sampai ke sana,  Juwono akan berbagi cerita tentang kota kecil bernama Roermond.

Malamnya, TL (tour leader) mengirim pesan di WhatsApp Group. Bunyinya begini; “Breakfast star jam 06.30. Kita berangkat pukul 07.50. Sudah dalam keadaan selesai  ke toilet, sudah makan dan barang sudah di lobby bapak ibuuuu...Karena besok kita ada tambahan ke Roermond, jadi biar belanjanya agak lama, jangan terlambat bapak ibuuuu”.

Roermond itu, sebuah kotamadya yang berada di provinsi Limburg, Tenggara Belanda. Letaknya di tepi sungai Roer dengan gedung-gedung khas masa lalu. Pada abad ke-13, kota kecil nan indah ini, pernah porak-poranda akibat ekspansi Jerman.   Sejarah mencatat, dalam 100 tahun berikutnya, terjadi perang dengan Prancis.  Setelah itu, Roermond berganti-ganti kepemilikan  antara Belanda, Austria, Prancis dan akhirnya tahun 1830 kota ini kembali ke tangan Belanda.

Saat ini, Roermond menjadi surga bagi pemburu barang-barang branded. Di sini ada kawasan belanja bernama  Designer Outlet Roermond. Konsepnya bukan seperti mall, tetapi komplek pertokoan. Di kanan dan kiri jalan berderet toko-toko branded. Terus di tengahnya  open air dan disediakan  tempat duduk yang nyaman.

Sebenarnya saya berniat beli tas jinjing  dari brand Tommy Hilfiger. Karena voucher dibawa istri dan anak, terpaksa mengalah dan gak jadi beli. Saya masuk outlet Marcopolo. Ada sale kaos kaki tebal. Saya beli karena kita butuh persiapan untuk ke pegunungan Alpen. Kebetulan saya sudah beli sepatu di Primaks Amsterdam. Ukuran sepatu sengaja saya lebihin 1 nomor agar bisa memakai kaos kaki rangkap dan tebal untuk menahan dingin.

 Saya tidak begitu tertarik untuk belanja barang-barang branded. Saya hanya  belanja sesuai dengan barang yang saya butuhkan.  Tidak mahal asalkan kualitasnya bagus. Beda dengan mereka yang niatnya memang untuk shopping dan tahu harga di outlet Indo atau di negara lainnya.  Mereka beli belanja karena harganya miring. Sampai ada yang borong cukup banyak.

Di komplek pertokoan itu banyak sekali resto, cafĂ© dan food truck buat jajan kalau lapar. Kita bisa makan sambil duduk santai  di open air. Nah, kebetulan perut mulai keroncongan, sambil menunggu istri dan anak yang masih shopping, saya mengganjal perut dengan pisang dan omelette. 

Berkunjung di Designer Outlet Roermond menjadi pengalaman yang mengesankan. Pengunjung  sangat dimanjakan dengan diskon dan  juga fasilitas wifi no password  serta tersedia banyak toilet,  bersih dan gratis.  **bhr (bersambung).


Pertama-tama, terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Begitu banyak nikmat yang Engkau berikan. Tidak terhingga anugerah yang Engkau limpahkan. Begitu indah rencanaMu melebihi harapan yang selalu kuucapkan dalam setiap doa-doaku.
Saya sangat bersyukur dan mengucapkan:“Tuhan Yesus, terimakasih untuk segalanya” (Read More)

Sebuah Epilog:

Sebuah Testimoni Semua yang saya miliki hari ini adalah anugerah dari Yang Kuasa yang saya dapatkan dengan   perjuangan yang c...